Pengabdian Masyarakat dengan Tema Penyuluhan Hukum Untuk Tenaga Kerja Wanita di Jeddah Arab Saudi

STIH Awang Long melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan ADRI ( Ahli dan Dosen RI) pada Rabu 31 Agustus 2022, menyelenggarakan penyuluhan hukum untuk Tenaga Kerja Wanita, bertempat di konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah, acara ini bertujuan agar masyarakat yang sudah bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan memahami tentang adanya hukum ketenagakerjaan.
Agenda penyuluhan hukum tersebut mengusung tema “Membangun Kesadaran Hukum tentang Hubungan Kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, Hadir sebagai narasumber yang ahli dalam bidang hukum ketenagakerjaan sekaligus dosen STIH Awang Long Dr.H Husni Thamrin SH MM MH.
Dr. Husni menyampaikan bahwa penyuluhan hukum kepada tenaga kerja Indonesia di Luar Negeri penting dilakukan, mengingat tingginya angka angkatan kerja di Luar Negeri. Sebagai pahlawan devisa mereka belum semua memahami betul tentang hubungan kerja. Penyuluhan tersebut memberi gambaran dasar terkait bagaimana perjanjian kerja, baik lisan maupun tertulis, yang menjadi dasar dari hubungan kerja, pemahaman tentang hak-haknya sebagai pekerja belum semua paham, apalagi tentang adanya hukum ketenagakerjaan,” ucapnya pada Rabu, (31 Agustus 2022).
Pada kesempatan tersebut, para peserta sangat antusias mengajukan beberapa pertanyaan, salah satunya permasalahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan majikan di masa pandemi dan tentang hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan dalam status hubungan kerja. Untuk merespons pertanyaan tersebut, Dr. Husni menjelaskan tentang legal standing, yaitu bagaimana perhitungan kompensasi bagi pekerja kontrak yang terkena PHK, bagi tenaga kerja yang ingin bekerja ke luar negeri agar tidak menjadi korban perusahaan penyalur ilegal.